KRITERIA KETUNTASAN
MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013
Nama Sekolah :
SMP Bina Anak Sholeh
Kelas/Semester :
VII/1
Mata Pelajaran :
Bahasa Indonesia
Nilai KKM : 77
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar dan
Indikator
|
Kriteria Penetapan Minimal
|
Nilai KKM
(%)
|
|||
Inteks
|
Kompleksitas
|
Daya Dukung
|
||||
Mendengarkan
1. Memahami wacana lisan melalui kegiatan mendengarkan berita
|
1.1 Menyimpulkan
isi berita yang dibacakan dalam beberapa kalimat
· Mengidentifikasi pokok-pokok
berita yang didengarkan
· Menjelaskan pokok-pokok berita yang
diperdengarkan
· Menyimpulkan pokok
berita dalam satu paragraf
1.2 Menuliskan kembali berita yang dibacakan ke dalam beberapa
kalimat
· Menemukan pokok berita yang didengarkan
· Menuliskan kembali
berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang
bervariasi
KKM SK 1
|
3
3
3
3
3
|
2
2
1
2
1
|
3
1
3
2
3
|
77,7
88.8
66,6
77,7
77,7
77,7
77,7
77,7
|
|
Berbicara
2.Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui
kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
|
2.1 Menceritakan pengalaman
yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat
efektif
· Memilih pengalaman yang
dianggap paling mengesankan
· Menulis kerangka cerita
pengalaman
· Menceritakan pengalaman
yang paling mengesankan berdasarkan kerangka cerita dengan menggunakan
pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif
2.2 Menyampaikan pengumumam dengan
intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat-kalimat yang lugas dan
sederhana
· Menentukan topik
pengumuman
· Menulis kerangka
pengumuman
· Mengumumkan/menyampai-
kan pengumuman dengan intonasi
yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana
KKM SK 2
|
3
3
3
3
3
3
|
3
2
1
3
2
1
|
3
3
3
3
2
1
|
88,8
100
88,8
77,7
77,7
100
77,7
55,5
83,2
|
|
Membaca
3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai
cara membaca
|
3.1 Menemukan
makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat dengan konteks yang
diinginkan melalui kegiatan membaca memindai
· Menemukan kata-kata sulit
· Menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai
dengan konteks yang diinginkan
3.2 Menyimpulkan isi bacaan
setelah membaca cepat 200 kata per menit
· Membaca cepat 200 kata
per menit
· Menjawab dengan benar
75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
· Menyimpulkan isi bacaan
dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan
3.3 Membacakan berbagai teks perangkat upacara dengan intonasi yang
tepat
· Memberi tanda penjedaan
pada teks perangkat upacara
· Membacakan berbagai
teks untuk upacara dengan intonasi
yang tepat
KKM SK 3
|
3
3
3
3
3
3
3
|
2
1
2
1
2
2
2
|
3
3
2
2
2
2
3
|
83,2
88,8
77,7
74
77,7
66,6
77,7
83,2
77,7
88,8
80,1
|
|
Menulis
4.Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat
pribadi
|
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi dengan
memperhatikan cara pengungkapan dan bahasa yang baik dan benar
· Menulis pokok-pokok pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu
hari
· Menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa
yang ekspresif
4.2 Menulis surat pribadi
dengan memperhatikan komposisi, isi, dan bahasa
· Menentukan perbedaan
komposisi surat pribadi dengan surat resmi
· Menulis surat pribadi
dengan bahasa yang komunikatif
4.3 Menulis teks pengumuman
dengan bahasa yang efektif, baik, dan benar
· Menentukan pokok-pokok
pengumuman
· Menulis teks pengumuman
dengan bahasa yang efektif
KKM SK 4
|
3
3
3
3
3
3
|
2
2
1
2
1
1
|
2
2
2
2
2
2
|
77,7
77,7
77,7
72
66,6
77,7
66,6
66,6
66,6
72
|
|
Mendengarkan
5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
|
5.1 Menemukan hal-hal menarik
dari dongeng yang diperdengar kan
· Menemukan ide-ide menarik dalam dongeng
· Merangkai ide-ide menarik menjadi hal-hal menarik dari dongeng
5.2
Menunjukkan relevansi isi dongeng yang diperdengarkan dengan
situasi sekarang
· Menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
· Merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang
KKM SK 5
|
3
3
3
3
|
3
1
1
1
|
2
3
3
3
|
83,2
88,8
77,7
77,7
77,7
77,7
80,4
|
|
Berbicara
6.Mengekspresikan
pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
|
6.1 Bercerita dengan urutan
yang baik, suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat
· Menentukan pokok-pokok
cerita
· Merangkai pokok-pokok
cerita menjadi urutan cerita yang baik
dan menarik
· Bercerita dengan urutan
yang baik, suara, lafal, intonasi,
gestur, dan mimik yang tepat
6.2 Bercerita dengan alat peraga
· Menentukan pokok-pokok
cerita
· Merangkai pokok-pokok
cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
· Bercerita dengan menggunakan
alat peraga berdasarkan kerangka cerita
KKM SK 6
|
3
3
3
3
3
3
|
2
1
1
2
1
1
|
3
2
1
3
2
1
|
70,3
88,8
66,6
55,5
70,3
88,8
66,6
55,5
70,3
|
|
Membaca
7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
|
7.1 Menceritakan kembali cerita anak yang dibaca
· Menentukan pokok-pokok
cerita anak yang dibaca
· Merangkai pokok-pokok
cerita anak menjadi urutan cerita
· Menceritakan kembali cerita dengan bahasa
sendiri secara lisan maupun tulis.
7.2 Mengomentari buku cerita yang dibaca
· Menentukan unsur/bagian
buku cerita yang akan dikomentari
· Mengomentari cerita
dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun
KKM SK 7
|
3
3
3
3
3
|
2
1
1
2
1
|
3
1
2
1
3
|
70,3
88,8
55,5
66,6
72,1
66,6
77,7
71,2
|
|
Menulis
8.Mengekspresikan
pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
|
8.1 Menulis pantun yang sesuai dengan
syarat-syarat pantun
·
Menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
· Menulis pantun sesuai
syarat pantun
8.2 Menulis
kembali dengan bahasa sendiri dongeng yang pernah dibaca atau didengar
· Menentukan pokok-pokok
dongeng
· Menulis dongeng berdasarkan
urutan pokok-pokok dongeng
KKM SK 8
|
3
3
3
3
|
2
3
3
1
|
2
2
2
2
|
83
77,7
88,8
77,7
88,8
66,6
80,3
|
|
KKM
SEMESTER 1
|
|
|
|
77
|
||
Mengetahui,
Kepala SMP Bina
Anak Sholeh Guru
Mata Pelajaran
Dra. Anik
Winarni, M.Pd. Husniatin
Sholihah, S.Pd.
NIP. 19651107 199003 2 007
By. Pejaga KampoengKU