Archive for Oktober 2012

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) PBI


.


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013


Nama Sekolah       : SMP Bina Anak Sholeh
Kelas/Semester    : VII/1
Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia
Nilai KKM           : 77

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar dan
Indikator
Kriteria Penetapan Minimal
Nilai KKM
(%)

Inteks
Kompleksitas
Daya Dukung
Mendengarkan

1. Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat
·  Mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengarkan
·   Menjelaskan pokok-pokok berita yang diperdengarkan
·  Menyimpulkan pokok berita dalam satu paragraf

1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat
·  Menemukan pokok berita   yang didengarkan
· Menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi

KKM SK 1




3


3

3





3

3






2


2

1





2

1




3


1

3





2

3

77,7


88.8


66,6

77,7


77,7


77,7

77,7



77,7
Berbicara

2.Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
·  Memilih pengalaman yang dianggap paling mengesankan
·  Menulis kerangka  cerita  pengalaman
·  Menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

2.2 Menyampaikan pengumumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na
·  Menentukan topik pengumuman
·  Menulis kerangka pengumuman
· Mengumumkan/menyampai-
kan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

KKM SK 2





3

3

3












3

3


3








3

2

1












3

2


1






3

3

3












3

2


1

88,8



100

88,8

77,7








77,7



100

77,7


55,5




83,2
Membaca

3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1  Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai
·  Menemukan kata-kata sulit
·  Menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit
·  Membaca cepat 200 kata per menit
· Menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
·  Menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan

3.3 Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat
·  Memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
·  Membacakan berbagai teks untuk upacara  dengan intonasi yang tepat

KKM SK 3






3

3







3


3


3






3

3






2

1







2


1


2






2

2






3

3







2


2


2






2

3


83,2



88,8

77,7




74


77,7


66,6


77,7




83,2

77,7

88,8



80,1
Menulis

4.Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar
·  Menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari
·  Menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif

4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa
·  Menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·  Menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif

4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar
·  Menentukan pokok-pokok pengumuman
·  Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif

KKM SK 4






3


3







3


3






3

3










2


2







1


2






1

1






2


2







2


2






2

2



77,7


77,7


77,7




72


66,6


77,7



66,6


66,6

66,6


72
Mendengarkan

5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
5.1 Menemukan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
·  Menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng
·  Merangkai  ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng

5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang
· Menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
· Merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang

KKM SK 5




3

3






3


3




3

1






1


1




2

3






3


3

83,2


88,8

77,7



77,7


77,7


77,7


80,4
Berbicara

6.Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat
·  Menentukan pokok-pokok cerita
·  Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik
·  Bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga
·   Menentukan pokok-pokok cerita
·   Merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
·   Bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita

KKM SK 6




3


3


3




3


3


3




2


1


1




2


1


1




3


2


1




3


2


1

70,3


88,8


66,6


55,5


70,3

88,8


66,6


55,5


70,3

Membaca

7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca
·   Menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·   Merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·   Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.

7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca
·   Menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
·   Mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

KKM SK 7



3

3


3






3


3



2

1


1






2


1



3

1


2






1


3





70,3

88,8

55,5


66,6




72,1

66,6


77,7



71,2
Menulis

8.Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun
·   Menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
·   Menulis pantun sesuai syarat pantun

8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
·   Menentukan pokok-pokok dongeng
·   Menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng

KKM SK 8


3



3





3

3


2



3





3

1


2



2





2

2
83

77,7



88,8



77,7

88,8

66,6


80,3
KKM SEMESTER 1



77












Mengetahui,
Kepala SMP Bina Anak Sholeh                                  Guru Mata Pelajaran




Dra. Anik Winarni, M.Pd.                                       Husniatin Sholihah, S.Pd.
NIP. 19651107 199003 2 007


                                                                             By. Pejaga KampoengKU

Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) PBI


KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL ( KKM )
TAHUN PELAJARAN 2012 / 2013


Nama Sekolah       : SMP Bina Anak Sholeh
Kelas/Semester    : VII/1
Mata Pelajaran     : Bahasa Indonesia
Nilai KKM           : 77

Standar Kompetensi
Kompetensi Dasar dan
Indikator
Kriteria Penetapan Minimal
Nilai KKM
(%)

Inteks
Kompleksitas
Daya Dukung
Mendengarkan

1. Memahami wacana lisan  melalui kegiatan mendengarkan berita
1.1 Menyimpul­kan  isi berita yang diba­cakan dalam beberapa kalimat
·  Mengidentifikasi pokok-pokok berita yang didengarkan
·   Menjelaskan pokok-pokok berita yang diperdengarkan
·  Menyimpulkan pokok berita dalam satu paragraf

1.2 Menuliskan kembali  be­rita yang di­bacakan ke dalam bebe­rapa kalimat
·  Menemukan pokok berita   yang didengarkan
· Menuliskan kembali  berita yang didengar ke dalam beberapa kalimat dengan susunan yang bervariasi

KKM SK 1




3


3

3





3

3






2


2

1





2

1




3


1

3





2

3

77,7


88.8


66,6

77,7


77,7


77,7

77,7



77,7
Berbicara

2.Mengungkapkan pengalaman dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman

2.1 Mencerita­kan peng­alam­an yang paling me­nge­sankan dengan mengguna­kan pilihan kata dan kalimat efektif
·  Memilih pengalaman yang dianggap paling mengesankan
·  Menulis kerangka  cerita  pengalaman
·  Menceritakan penga­laman yang paling menge­san­kan berdasarkan kerangka cerita dengan meng­gunakan pilihan kata yang tepat dan kalimat efektif

2.2 Menyampaikan pengumumam de­ngan intonasi yang tepat serta meng­gunakan ka­limat-kalimat yang lugas dan sederha­na
·  Menentukan topik pengumuman
·  Menulis kerangka pengumuman
· Mengumumkan/menyampai-
kan pengumuman dengan intonasi yang tepat serta menggunakan kalimat yang lugas dan sederhana

KKM SK 2





3

3

3












3

3


3








3

2

1












3

2


1






3

3

3












3

2


1

88,8



100

88,8

77,7








77,7



100

77,7


55,5




83,2
Membaca

3. Memahami ragam teks nonsastra dengan berbagai cara membaca
3.1  Menemukan makna kata tertentu dalam kamus secara cepat dan tepat de­ngan konteks yang diingin­kan melalui kegiatan mem­baca memindai
·  Menemukan kata-kata sulit
·  Menemukan makna kata secara cepat dan tepat sesuai dengan konteks yang diinginkan

3.2 Menyim­pul­kan isi baca­an setelah membaca ce­pat 200 kata per menit
·  Membaca cepat 200 kata per menit
· Menjawab dengan benar 75% dari jumlah pertanyaan yang disediakan
·  Menyimpulkan isi bacaan dengan cara merangkai pokok-pokok bacaan

3.3 Memba­ca­kan berbagai teks perang­kat upacara dengan into­nasi yang tepat
·  Memberi tanda penjedaan pada teks perangkat upacara
·  Membacakan berbagai teks untuk upacara  dengan intonasi yang tepat

KKM SK 3






3

3







3


3


3






3

3






2

1







2


1


2






2

2






3

3







2


2


2






2

3


83,2



88,8

77,7




74


77,7


66,6


77,7




83,2

77,7

88,8



80,1
Menulis

4.Mengungkapkan pikiran dan pengalaman dalam buku harian dan surat pribadi
4.1 Menulis buku harian atau pengalaman pribadi de­ngan mem­perhatikan cara peng­ungkapan dan bahasa yang baik dan benar
·  Menulis pokok-pokok  pengalaman pribadi yang terjadi dalam suatu hari
·  Menulis kan pengalaman dalam buku harian dengan bahasa yang ekspresif

4.2 Menulis su­rat pribadi dengan mem­perhatikan komposisi, isi, dan bahasa
·  Menentukan perbedaan komposisi surat pribadi dengan surat resmi
·  Menulis surat pribadi dengan bahasa yang komunikatif

4.3 Menulis teks pengumuman dengan baha­sa yang efek­tif, baik, dan benar
·  Menentukan pokok-pokok pengumuman
·  Menulis teks pengumuman dengan bahasa yang efektif

KKM SK 4






3


3







3


3






3

3










2


2







1


2






1

1






2


2







2


2






2

2



77,7


77,7


77,7




72


66,6


77,7



66,6


66,6

66,6


72
Mendengarkan

5. Mengapresiasi dongeng yang diperdengarkan
5.1 Menemukan hal-hal mena­rik dari do­ngeng yang diperdengar kan
·  Menemukan ide-ide  menarik dalam dongeng
·  Merangkai  ide-ide menarik menjadi  hal-hal menarik dari dongeng

5.2  Menunjuk­kan relevansi isi dongeng yang diperde­ngarkan de­ngan situasi sekarang
· Menemukan isi dongeng yang diperdengarkan
· Merelevansikan isi dongeng dengan situasi sekarang

KKM SK 5




3

3






3


3




3

1






1


1




2

3






3


3

83,2


88,8

77,7



77,7


77,7


77,7


80,4
Berbicara

6.Mengekspresikan pikiran dan perasaan melalui kegiatan bercerita
6.1 Bercerita de­ngan urutan yang baik, sua­ra, lafal, intonasi, ges­tur, dan mi­mik yang te­pat
·  Menentukan pokok-pokok cerita
·  Merangkai pokok-pokok cerita menjadi urutan cerita yang  baik dan menarik
·  Bercerita dengan urutan yang baik,  suara, lafal, intonasi, gestur, dan mimik yang tepat

6.2 Bercerita de­ngan alat pe­raga
·   Menentukan pokok-pokok cerita
·   Merangkai pokok-pokok cerita menjadi kerangka cerita yang menarik
·   Bercerita dengan meng­gu­na­kan alat peraga berdasarkan kerangka cerita

KKM SK 6




3


3


3




3


3


3




2


1


1




2


1


1




3


2


1




3


2


1

70,3


88,8


66,6


55,5


70,3

88,8


66,6


55,5


70,3

Membaca

7. Memahami isi berbagai teks bacaan sastra dengan membaca
7.1 Mencerita­kan kembali cerita anak yang dibaca
·   Menentukan pokok-pokok cerita anak yang dibaca
·   Merangkai pokok-pokok cerita anak menjadi urutan cerita
·   Menceritakan kembali cerita dengan bahasa sendiri secara lisan maupun tulis.

7.2 Mengomen­tari buku ce­rita yang di­baca
·   Menentukan unsur/bagian buku cerita yang akan dikomentari
·   Mengomentari cerita dengan alasan yang logis dan bahasa yang santun

KKM SK 7



3

3


3






3


3



2

1


1






2


1



3

1


2






1


3





70,3

88,8

55,5


66,6




72,1

66,6


77,7



71,2
Menulis

8.Mengekspresikan pikiran, perasaan, dan pengalaman melalui pantun dan dongeng
8.1 Menulis pan­tun yang se­suai dengan syarat-syarat pantun
·   Menentukan materi/bahan menulis pantun sesuai konteks
·   Menulis pantun sesuai syarat pantun

8.2 Menulis  kem­bali de­ngan bahasa sendiri do­ngeng yang pernah diba­ca atau dide­ngar
·   Menentukan pokok-pokok dongeng
·   Menulis dongeng berda­sarkan urutan pokok-pokok do­ngeng

KKM SK 8


3



3





3

3


2



3





3

1


2



2





2

2
83

77,7



88,8



77,7

88,8

66,6


80,3
KKM SEMESTER 1



77












Mengetahui,
Kepala SMP Bina Anak Sholeh                                  Guru Mata Pelajaran




Dra. Anik Winarni, M.Pd.                                       Husniatin Sholihah, S.Pd.
NIP. 19651107 199003 2 007


                                                                             By. Pejaga KampoengKU